Knowledge & Articles

Technology blog, news & updates, know how

Kombinasi Compressor Fixed Speed dan VSD
Kombinasi Compressor Fixed Speed dan VSD

Kombinasi Compressor Fixed Speed dan VSD  dalam jaringan sistem udara tekan yang tersentralisasi.

Compressor Fixed Speed akan running pada rate kw-nya dan pada frequency 50 HZ secara tetap.

Mekanisme dan komponen pengaturan kapasitas udara tekan yang akan dikeluarkan compressor fixed speed dengan unloader / intake valve. Valve ini yang akan buka tutup. Saat buka artinya compressor Load , saat tutup compressor unload. Jika udara tekan sudah terpenuhi maka compressor fixed speed akan unload, valve unloader akan tertutup, beban torsi putaran motor akan lebih ringan yang menyebabkan ampere motor turun sedikit, tetapi KW, HZ, RPM tetap.

Compressor Fixed Speed akan semakin effisien jika semakin sering load. Proses unload adalah pemborosan energi listrik.

Compressor VSD (Variable speed drive) dilengkapi Inverter , untuk mengatur frequency listrik yang masuk ke motor. Frequency range 30-50 HZ, penurunan Hz ini dapat membuat rate KW turun, RPM melambat, ampere turun secara signifikan.

Mekanisme pengaturan kapasitas udara tekan yang akan dikeluarkan compressor VSD melibatkan banyak komponen. Sistem terintegrasi antara micro controller, inverter, pressure sensor, motor yang dapat menganalisa jumlah kebutuhan udara tekan.

Inverter akan menyesuaikan hz berdasarkan set point tekanan discharge compressor. Jika tekanan discharge compressor dibawah set point artinya pemakaian udara tekan lebih besar dari kapasitas yang disupply compressor, dalam kondisi seperti ini maka hz akan dinaikan dan RPM motor bertambah cepat menyebabkan kapasitas supply compressor meningkat. Dengan penyesuaian  Hz maka RPM, KW motor dan kapasitas udara tekan compressor akan turun naik mengikuti kebutuhan aktual. Proses unload dapat diminimalkan bahkan ditiadakan.

Kebutuhan udara tekan di pabrik sangatlah flutuatif akibat dari :

  • perbedaan jumlah mesin yg jalan pada shift kerja berbeda.

  • ada mesin yang rusak / sedang maintenance.

  • kapasitas produksi untuk memenuhi order yang tidak stabil.

  • perbedaan spesifikasi produk yg dibuat atau setting kecepatan mesin produksi.

Kombinasi antara unit compressor fixed speed dan VSD didalam 1 sistem udara tekan secara parallel akan menciptakan efisiensi maksimal pada biaya energi listrik.

Disaat terjadi kebutuhan udara tekan yang flutuatif, maka kombinasi compressor akan berperan sbb :

  • Compressor fixed speed akan menjadi supply udara tekan utama , dimana fixed speed akan efisien jika dimaksimalkan load-nya (90-100%)

  • Compressor VSD akan mendukung compressor fixed speed. Frequency range akan bermain di 30-50 hz untuk mengisi kekurangan supply udara tekan.

Berikut ini adalah tabel perhitungan biaya listrik untuk sistem kombinasi 2 unit compressor 100 HP, dengan asumsi flutiatif 50% - 80%. Menggunakan compressor 100 HP x2 , running 6000 jam per tahun , biaya listrik Rp 1000 per kwh.

Kombinasi terbaik adalah kombinasi compressor fixed speed dengan compressor VSD yang lebih besar.

Pilihan produk Screw compressor VSD